Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

hasil dari ilmu itu tindakan bukan pengetahuan pengetahuan tanpa tindakan tidak akan menghasilkan apa apa

E-commerce For Win's Shop


BAB I
PENDAHULUAN

I.                  Latar Belakang
            Dalam Millenium baru ini kehidupan manusia semakin bergantung kepada teknologi, satu di antaranya adalah Teknologi Informasi yang didukung oleh perkembangan teknologi elektronika dan telekomunikasi. Suatu kenyataan bahwa dalam kehidupan keseharian kita, secara sadar atau tidak, selama ini kita telah memanfaatkan layanan jasa yang berbasis Teknologi Informasi tersebut dalam berbagai bentuk kegiatan. Dalam dunia perdagangan global saat ini, transaksi elektronik adalah suatu hal yang tidak mungkin terhindarkan.
Electronic Commerce
            E-commerce adalah suatu contoh produk dari kemajuan Teknologi Informasi, dimana transaksi bisnis tidak lagi dilakukan secara konvensional, yang mengharuskan pembeli berinteraksi langsung dengan penjual secara fisik atau keharusan menggunakan uang tunai (cash). Tetapi penjual diwakili oleh suatu sistem yang melayani pembeli secara online dengan melalui media jaringan komputer. Dalam melakukan transaksi, pembeli “berhadapan” dan berkomunikasi dengan sistem yang “mewakili” penjual. Sudah tentu e-commerce ini membutuhkan sistem yang mampu menjamin keamanan transaksi tersebut.

II.               Rumusan Masalah
            Win’s Shop adalah toko tas yang menyediakan berbagai macam model tas lokal seperti tas jinjing, tas slempang, dan tas ransel. Toko ini beralamat di Jl. Sarwo Edhi Wibowo No 70 Magelang. Kualitas tas lokal yang tidak diragukan ini sudah menyebar ke sekitaran magelang, bahkan sudah banyak pelanggan dari luar kota yang menyempatkan diri untuk “bershoping ria” di Toko ini. Namun kendalanya adalah waktu dan jarak yang mereka tempuh yang seringkali menjadi faktor penyebab kemalasan pembeli. Dengan kondisi demikian toko kehilangan keuntungan yang harusnya di peroleh.
III.           Batasan Masalah
            Untuk mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan dalam sistem ini, maka  batasan permasalahannya sebagai berikut:
1.  Sistem penjualan dan pembelian berbasis Online
2. Proses administrasi lebih cepat dalam hitungan detik
3. Seluruh produk yang ditawarkan ditampilkan di halaman link produk
4. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam sistem ini adalah PHP dan MySQl
5. Multisistem operasi
            Dengan pembatasan masalah diharapkan agar tidak menyimpang dari topik yang terdapat dalam tugas akhir ini. Sedangkan hal lain yang ada hubungannya dengan masalah ini
adalah sebagai pendukung saja, sehingga pembahasan yang ada semakin jelas.

IV.             Tujuan Penelitian
            Penelitian ini sangat diharapkan dalam membantu toko ini mengurangi kesulitan baik dari sisi pelanggan maupun dari sisi toko itu sendiri sehingga lebih aman, cepat dan praktis, serta memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dari segi waktu, tenaga, dan jarak.


BAB II
ANALISIS
            Menganalisis sistem yang sedang berjalan saat ini, bagaimana metode yang digunakan dan juga merancang sistem yang akan dibangun yang nantinya akan mengacu pada sistem yang saat ini sedang berjalan, sehingga sesuai dengan karakteristik sistem manual yang sudah ada dan tentunya tidak mengubah fungsi-fungsi sistem yang sudah berjalan di Toko Win’s Shop.


BAB III
PEMBAHASAN
I.                  Infrastuktur
Infrastruktur yang digunakan berupa hardware dan software :

-       HARDWARE
Hardware yang digunakan dalam pembuatan sistem berbasis e-commerce adalah komputer, laptop, dan koneksi internet
-       SOFTWARE
Software yang digunakan adalah google chrome dan aplikasi e-commerce

II.              Analisis Biaya
Analisis Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan e-commerce di Toko Win’s Shop adalah sebagai berikut :

-          Biaya Langganan Internet
Win’s Shop menggunakan internet berlanganan dengan kapasitas 2MB, sehingga biaya yang dibutuhkan untuk langganan kurang lebih Rp 280.000,-/bulan
-          Biaya Hosting
Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. 
Untuk toko Win’s Shop biaya yang dikeluarkan Rp 800.000,-/tahun dengan rincian : - bandwidth unlimited (jalur data 2 GB)
                - space hardisk

-     Biaya Domain
     Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Win’s Shop menggunakan (.com) dengan biaya Rp 100.000,-/tahun.

-          Setup Engine
Biaya yang dikeluarkan untuk setup engine sebesar Rp 1.000.000,-

-          Biaya Lain-lain
Selain biaya yang sudah ada di atas, untuk pembuatan desain web memerlukan estimasi biaya Rp 5.000.000,-


III.           Rancangan Desain Web
            Rancangan Desain Web Toko Win’s Shop dibuat seperti e-commerce yang sudah ada, contohnya www.elevenia.com , www.olx.com, dll.



BAB IV
KESIMPULAN

            Dengan E-Commerce memungkinkan kita bertransaksi dengan cepat dan biaya yang murah tanpa melalui proses yang berbelit-belit, di mana pihak pembeli cukup mengakses internet ke website perusahaan yang mengiklankan produknya di internet, yang kemudian pihak pembeli (buyer) cukup mempelajari  ketentuan-ketentuan yang diisyaratkan pihak penjual (Win’s Shop).





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar