Business-to-business (B2B) menggambarkan transaksi perdagangan antara perusahaan, seperti antara produsen dan grosir, atau antara grosir dan pengecer. Istilah kontras adalah bisnis-to-consumer(B2C) dan business-to-goverment (B2G).
B2B (Business to Business) Branding adalah istilah yang digunakan dalam pemasaran. VolumeB2B (Business-to-Business) transaksi jauh lebih tinggi dibandingkan volume transaksi B2C. Alasan utama untuk ini adalah bahwa dalam rantai pasokan yang khas akan ada transaksi B2B yang melibatkankomponen sub atau bahan baku, dan hanya satu transaksi B2C, khususnya penjualan produk
jadi kekonsumen
akhir .
Sebagai
contoh, sebuah produsen mobil membuat beberapa transaksi B2B seperti membeli ban,kaca
untuk kaca jendela, dan selang karet untuk kendaraan. Transaksi terakhir, kendaraan selesai dijual kekonsumen, adalah transaksi (B2C) tunggal.
B2B juga digunakan dalam konteks komunikasi dan kolaborasi. Banyak perusahaan sekarang menggunakan media sosial untuk
berhubungan dengan konsumen
mereka (B2C), namun, merekasekarang menggunakan alat serupa dalam
bisnis sehingga
karyawan dapat terhubung dengan satu sama lain. Ketika komunikasi berlangsung di antara karyawan, ini dapat disebut sebagai komunikasi "B2B".
0 komentar:
Posting Komentar